Teknikal Analyst

Posted on

Emas Berpotensi Melemah Ke 1712

Harga emas terlihat dalam tekanan turun. Harga tertahan di bawah MA 200 grafik 4 jam di level 1740. Indikator MACD pada grafik 4 jam terbuka ke arah bawah, demikian juga indikator RSI dan stochastics. Indikator tersebut menunjukan potensi tekanan turun pada harga emas. Level 1722 menjadi support terdekatnya. Penembusan support akan membawa harga melemah ke area support selanjutnya di 1712. Sementara pandangan bullishakan terlihat jika harga menembus level resisten 1740.

Hari ini fokus pada pertemuan ECOFIN yang akan membicarakan mengenai proposal penghematan Yunani. Diperkirakan ECOFIN belum akan mengeluarkan keputusan penurunan dana bailout bagi Yunani dan bila masih belum jelas waktunya, ini akan memberikan sentimen negatif ke instrumen-instrumen beresiko termasuk harga emas. Selain itu data Sentimen Ekonomi Jerman yang disurvei oleh ZEW akan menjadi market mover. Pelemahan harga emas akan terpicu bila data ini di bawah prediksi -9,9.

 

USD/JPY: Terbuka Peluang Bearish, Uji Support Di Kisaran 78.84 – 78.59

USD/JPY berpeluang bearish seiring sinyal bearish yang muncul pada stochastic dan CCI 1 jam. Konfirmasi bearish akan diperoleh jika support di 79.29 tembus, sehingga akan membuka peluang bagi pergerakan bearish untuk menguji support di 79.60. Jika support ini juga tembus, tekanan bearish diperkirakan akan semakin besar sehingga pelemahan USD terhadap yen akan berlanjut menuju 78.84 – 78.59.Area resistance yang perlu diperhatikan adalah level 79.54. Jika akselerasi terjadi ke atas level tersebut, apalagi melewati 79.65, maka USD/JPY kemungkinan besar akan bergerak naik menuju 79.79 – 80.02.

 

EUR/USD: Berpotensi Untuk Uji Kisaran Support 1.2652 – 1.2622

EUR/USD masih berada di bawah tekanan. Harga saat ini terlihat menguji support di 1.2678. Tembusnya support ini akan merupakan pertanda bahwa tekanan bearish semakin kuat dan kemungkinan besar akan berakibat penurunan yang lebih dalam lagi hingga kisaran 1.2652 – 1.2622.Di sisi lain, terlihat indikasi jenuh jual pada stochastic dan CCI 1 jam. Maka dari itu, sebagai skenario alternatif, perhatikan area resistance di kisaran 1.2720 – 1.2746 untuk mencari konfirmasi sinyal/pola bearish sebagai sinyal jual seandainya koreksi/pullback terjadi ke area tersebut.

Untuk saat ini, memang peluang bagi terjadinya koreksi/pullback tersebut cukup kecil. Namun jika ada, maka sinyal/pola yang muncul di kisaran resistance tersebut di atas bisa dijadikan sinyal untuk jual dengan sasaran kembali ke kisaran 1.2704 – 1.2678.

Perhatikan terus resistance di 1.2746 karena pecahnya level tersebut akan mengubah bias intraday menjadi bullish dan memungkinkan euro untuk menguat hingga ke kisaran 1.2762 – 1.2788. Jika itu terjadi, skenario bearish di atas kemungkinan besar akan gagal.

 

Tinggalkan Balasan, Alamat Email dan No HP, supaya kami bisa menghubungi Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s