Emas Menuju Target tinggi bulanan

Posted on Updated on

Emas memperpanjang kenaikan bulanan setelah rendahnya harga emas pada awal pekan ini, sehingga sempat memacu pembelian emas fisik.

Dollar mencapai level terendah dalam lima minggu terhadapa euro, seiring Demokrat dan Republik belum sepakat atas pemotongan anggaran dan kenaikan pajak (fiscal cliff). Meningkatnya kepemilikan emas fisik telah mencapai rekor seiring penjualan koin emas American Eagle dari produsen emas AS menuju penjualan tertinggi bulanan dalam dua tahun terakhir.

“ Kami melihat sangat baiknya permintaan emas setelah turunnya harga emas dan inimenarik untuk melihat permintaan emas fisik yang secara tiba-tiba meningkat,” kata Bernard Sin, kepala analis komoditas dan mata uang di MKS Finance SA di Jenewa, dalam wawancara di telepon.”Pasar masih khawatir pada fiscal cliff dan bagaimana hal teresbut akan berubah. Ini logika mengapa meningkatnya permintaan untuk safe haven ( emas), tambahnya.

Emas menguat lagi dan potensial untuk menutup bulan November dengan penguatan seiring tingginya permintaan terhadap Emas fisik, dan pelemahan Dollar AS ke level terendah 5 minggu seiring negosiasi Demokrat dan Republik yang masih berlanjut untuk mengurangi resiko jurang fiskal AS.

Terpantau sejauh ini harga spot Emas menguat 0.30% di level $1,730.55, setelah meraih titik tertinggi intraday di $1,731.61 dan level terendah hariannya di $1,724.71.

Setelah sempat melemah tajam beberapa waktu lalu permintaan terhadap Emas fisik melonjak secara dramatis, hal ini terjadi akibat kekhawatiran jurang fiskal AS menyebabkan para investor beralih pada safe haven Emas.

Kepemilikan ETF Emas juga menanjak lagi ke level rekor tertinggi, sebesar 3.5 metric ton ke level rekor 2,619.4 ton, berdasarkan data yang dihimpun oleh Bloomberg.

Tinggalkan Balasan, Alamat Email dan No HP, supaya kami bisa menghubungi Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s