Market Movers: Testimoni Ben Bernanke

Posted on

Monexnews – Testimoni Bernanke Malam ini di hadapan Komite Jasa Keuangan Parlemen AS akan menjadi klimaks pergerakan pasar keuangan hari ini. Seperti biasa Ben Bernanke akan menjawab pertanyaan seputar outlook ekonomi dan kebijakanmoneter AS dari para anggota parlemen. Teks pidato testimoni Bernanke biasanya sudah dirilis sebelum acara testimoni dimulai. Jadi para pelaku pasar bisa membaca dan menganalisa terlebih dahulu teks testimoni tersebut.

Bulan Mei lalu saat Bernanke menjawab pertanyaan dari anggota parlemen dalam acara testimoni di hadapan komite gabungan parlemen, pasar keuangan menjadi sangat volatile dan dollar AS menguat karena Bernanke mengungkapkan ada rencana pengurangan stimulus moneter. Bila kali ini Bernanke menyebutkan bahwa ekonomi AS masih memerlukan kebijakan yang sangat akomodatif, pasar kemungkinan akan bereaksi negatif terhadap dollar AS.

Sebelumnya pada sore hari serangkaian data ekonomi dari Inggris akan dirilis. Data hasil voting suku bunga dan program pembelian aset Bank of England (BOE) bisa menjadi market mover penting. Indikasi BOE yang masih akan mempertahankan pelonggaran moneter dengan kemungkinan akan melonggarkan kembali bisa menjadi faktor pelemah nilai tukar sterling. Dan sebaliknya bila BOE tidak ada rencana untuk menambah stimulus, sterling bisa kembali menguat.

Data berikutnya adalah ada tenaga kerja Claimant Count (Data klaim tunjangan pengangguran) dan data tingkat pengangguran. Buruknya data tenaga kerja Inggris juga bisa memperlemah nilai tukar sterling.

Sementara Swiss akan merilis survei kesehatan ekonomi Swiss oleh ZEW. Pada survei-survei sebelumnya, menunjukkan bahwa ekspektasi responden terhadap kesehatan ekonomi Swiss masih fluktuaktif. Data terakhir menunjukkan angka 2.2, sama dengan data bulan sebelumnya.

Dari AS, data perumahan akan dirilis yaitu data ijin membangun (Building permits) dan data rumah yang baru dibangun (Housing Starts). Kedua data perumahan ini dari waktu ke waktu menunjukkan peningkatan yang mengindikasikan pasar perumahan AS makin membaik. Bila data ini lebih bagus dari ekspektasi, bisa menjadi salah satu faktor penguat dollar AS.

 

 

 

Emas masih Tertekan di Bawah 1299

Monexnews – Jelang testimoni Bernanke malam ini pukul 21.00 WIB, pagi ini, harga emas membentuk kisaran pergerakan sempit 1287-1293. Resisten terlihat masih di kisaran 1299. Tekanan bullish baru dimungkinkan bila harga berhasil menembus level resisten tersebut dengan potensi target ke area 1315-21 (atau kisaran Moving Average 200 grafik 4 jam).

Sementara level support di kisaran 1284. Tekanan turun sebelum testimoni, bisa membawa harga ke level support selanjutnya di kisaran 1277, berikutnya di 1267.

Data lain yang bisa menjadi market mover adalah data perumahan AS pada pukul 19.30 WIB. Membaiknya data ini bisa menguatkan dollar AS dan menekan harga emas. Teks testimoni Bernanke juga diperkirakan akan dirilis 1 jam sebelumnya sehingga para pelaku pasar bisa membaca dan menganalisa teks testimoni tersebut.

 

Euro Terlihat Bullish


Monexnews – Pada grafik harian, naiknya indikator Stochastic dan MACD dapat menyediakan peluang kenaikan lebih lanjut untuk euro. Sentimen bullish cukup dominan seiring euro berada di dalam channel bullish, dan diperdagangkan di atas Moving Average (MA) 50-100-200.

Fokus hari ini adalah pernyataan Ketua Federal Reserve, Ben S. Bernanke, pada jam 21.00 WIB. Prediksi menunjukan Fed’s Bernanke akan memberikan komentar bernada dovish yang dapat meredakan kekhawatiran pengurangan stimulus moneter Fed dalam waktu dekat. Ini dapat menjadi sentimen positif bagi euro.

Untuk jangka pendek, posisi long lebih sesuai dengan stop-loss 1.3020. 1.3170 dan 1.3205 (harga tertinggi 16 dan 11 Juli) adalah resisten. 1.3075 dan 1.3030 (MA 200 dan 100) merupakan support.

Resistance Level : 1.3170, 1.3205, 1.3240

Support Level      : 1.3075, 1.3030, 1.2990

 

EURJPY: Pergerakan Masih Sideways Dalam Jangka Pendek

Monexnews – Pergerakan EURJPY pada grafik 1 jam cenderung sideways dalam jangka pendek, seiring pergerakan harga masih bergerak di area sempit dengan potensi kisaran perdagangan antara area 129.95 – 130.81. Saat ini harga harus menembus salah satu sisi untuk dapatkan petunjuk lebih lanjut.

Jika harga mampu bergerak & menembus area 130.81, maka tren akan berubah menjadi bullish dalam jangka pendek dengan menguji ke area 131.45. Namun jika harga bergerak & menembus ke bawah area  129.95 (MA 100), itu dapat memicu pergerakan bearish menuju ke wilayah 129.70 (MA 200) dalam grafik 1 jam.

 

GBPJPY: Trend Bearish Dalam Jangka Pendek Sambil Nantikan Data Inggris

Monexnews – Trend untuk GBPJPY masih bearish seiring pound yang masih di bawah tekana jelang data penting dari Inggris. GBPJPY berada di bawah tekanan seiring harga juga belum mampu break ke atas area  150.69 yang merupakan MA 100 pada grafik 4 jam.

Untuk level resisten terdekat berada di kisarana rea  150.69, jika harga mampu menembus ke atas area tersebut, kemungkinan akan memicu pergerakan bullish lebih lanjut menuju ke wilayah 151.25 atau bahkan ke area 151.70. Dan untuk sisi bawahnya, jika harga mampu break kebawah area 149.60, harga bisa bergerak bearish lebih lanjut menuju wilayah 149.00 yang merupakan area kunci support.

 

Tinggalkan Balasan, Alamat Email dan No HP, supaya kami bisa menghubungi Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s