Market Movers: Masih Karena Isu Tapering

Posted on

Monexnews – FOMC minutes atau notulen rapat bank sentral AS bulan Oktober mengungkapkan keinginan para pengambil keputusan untuk mengurangi kepemilikan obligasi. Indikasi ini langsung mendorong penguatan dollar AS terhadap mata uang utama dunia dinihari tadi karena terkait isu tapering. Dalam notulen tersebut memang tidak disebutkan waktu yang pasti kapan tapering akan dilakukan. Namun indikasi keinginan para pejabat Fed untuk melakukan tapering menyebabkan para pelaku pasar merespon dengan melepas aset-aset beresiko.

Aset-aset beresiko lain pun seperti indeks saham, komoditi dan instrumen keuangan emerging markets berguguran. Indeks saham Jepang, Nikkei, menjadi pengecualian. Indeks ini menguat seiring dengan pelemahan yen terhadap dollar AS.

Respon pasar terhadap FOMC minutes ini akan membayangi pergerakan pasar hari ini. Di samping itu, data-data PMI dari beberapa negara juga akan menjadi penggerak pasar hari ini.

Dari China telah dirilis survei PMI aktivitas manufaktur dari HSBC yang mengungkapkan manufaktur China masih berekspansi meski di bawah prediksi pasar. Dari Eropa dan AS juga akan dirilis PMI manufaktur yang diperkirakan masih akan berekspansi di atas data sebelumnya. Pengecualian terjadi pada aktivitas manufaktur Perancis yang masih berada di zona kontraksi. Data PMI yang bagus ini bisa memberikan sentimen yang positif ke pasar keuangan masing-masing negara.

Dari Inggris, data CBI industrial orders (pesanan pabrik) bisa mendorong reboundsterling bila data lebih bagus dari prediksi.

AS masih belum kehabisan market movers. Selain data PMI manufaktur, malam ini akan dirilis data klaim tunjangan pengangguran mingguan, indeks harga produsen (PPI) dan data indeks manufaktur di wilayah Philadelphia. Ketiga data ini bisa saja membalikan sentimen tapering menjadi No tapering bila rilis data lebih buruk dari prediksi.

Tinggalkan Balasan, Alamat Email dan No HP, supaya kami bisa menghubungi Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s